Warung Bebas

Monday, September 10, 2012

Meski Menangi Perang Paten, Reputasi Apple Justru Menurun


Perang paten antara Apple dan Samsung terus saja bergulir, tak puas dengan kemenangan yang telah diperoleh hingga Samsung wajib membayar denda sebesar USD $ 1,05 miliar, Apple masih saja memburu Samsung dan produsen lain yang terindikasi melanggar paten Apple. Seperti kita ketahui bersama Apple memang menyerang beberapa produsen ponsel dengan melayangkan gugatan paten. Tak hanya Samsung, HTC juga pernah dituntut Apple karena kasus serupa. Banyak pihak juga memprediksi Apple akan menyerang Google terkait paten Android.





perang paten samsung apple, samsung vs apple,apple vs samsung, daftar paten apple, paten samsung,





Perselisihan paten tersebut memang berakhir dengan kemenangan Apple, dan itu tentu saja menguntungkan pihak Apple. Tapi di sisi lain perang yang berlarut-larut tersebut membawa dampak buruk bagi reputasi Apple di mata konsumen. Terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Media Measurement, reputasi Apple menurun drastis akibat perang paten. Penelitian tersebut dilakukan pada halaman fanpage Facebook Apple. Saat sebelum ada perang paten, komentar atau diskusi yang masuk di Fanspage Facebook Apple adalah berisi testimoni, pertanyaan dan dukungan terhadap produk Apple. Namun setelah perang paten terjadi, semua komentar yang masuk membicarakan perselisihan itu. Dan puncaknya ketika Apple memenangi duel dengan Samsung, justru banyak fans yang bereaksi dan mengritik sikap Apple.





Mengapa reputasi Apple justru menurun di mata fans?


Sikap Apple melabrak produsen lain tersebut dinilai banyak pihak merupakan sikap yang berlebihan dan sewenang-wenang. Apple memang tidak salah, namun pelayangan gugatan itu terlihat bahwa Apple ingin memonopoli pasar smartphone dengan tidak membiarkan pesaing lainnya melenggang begitu saja. Apple juga kerap membuat gar-gara terkait masalah paten.





Seperti dilansir dari CNET, Apple memang berhak melayangkan gugatan, namun jika hal seperti itu terus dilakukan, bukan tidak mungkin citra Apple akan semakin menurun di mata konsumen.





Apakah Apple sudah kehilangan kreativitas, sehingga satu-satunya cara untuk membendung persaingan adalah dengan menjegal lawan ?


0 comments em “Meski Menangi Perang Paten, Reputasi Apple Justru Menurun”

Post a Comment

 

Blog Berita Up to Date Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger