Warung Bebas

Wednesday, September 26, 2012

Inilah Smartphone Pertama dengan Layar Full Touchscreen Era 90an


Anda pasti mengira bahwa iPhone merupakan Smartphone pertama yang mengusung layar full touchscreen. Kehadiran iPhone memang seperti menjadi pemantik bagi produsen-produsen lain untuk memproduksi ponsel dengan teknologi full touchscreen. Sehingga terkesan bahwa iPhone pionir dalam desain penggunaan full touchscreen.





Tapi tahukah Anda bahwa ponsel dengan layar full touchscreen sudah ada sejak era 90-an ?


Adalah IBM yang pertama kali membuat ponsel dengan teknologi full touchscreen. Melalui produknya yang bernama IBM Simon, teknologi yang kala itu belum "wajar" sudah tersemat. IBM Simon menjadi ponsel pertama di dunia yang menggunakan layar sentuh dan diluncurkan pada tahun 1992. 





sejarah,ponsel touchscreen pertama,ibm simon,teknologi touchsreen





Dari sisi desain memang IBM sangat berbeda dengan iPhone, ciri khas ponsel saat ini memang masih berdimensi besar dengan bobot yang berat. Namun, ponsel pintar ini sama seperti iPhone, tidak dibekali tombol fisik (keypad) karena sudah menggunakan laayar full touchscreen. Untuk melakukan navigasi, ponsel ini bisa dioperasikan dengan menyentuh layar atau menggunakan stylus.





Fitur IBM Simon


IBM Simon tergolong ponsel paling pintar di jamannya, ponsel ini mempunyai kemampuan seperti ponsel pada umumnya, namun juga berfungsi sebagai PDA, mesin faksimili dan juga pager. Ponsel pintar ini dilengkapi juga dengan beberapa aplikasi pendukung seperti kalkulator,kalender,address book, dan world cock. IBM Simon mulai dipasarkan pada Agustus 1994 dan terjual sampai 50 ribu unit meskipun ditawarkan dengan harga yang cukup mahal sekitar $1200 kala itu.


0 comments em “Inilah Smartphone Pertama dengan Layar Full Touchscreen Era 90an”

Post a Comment

 

Blog Berita Up to Date Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger