Warung Bebas

Wednesday, September 26, 2012

Jembatan Selat Sunda Akan Adopsi Teknologi Jembatan Terpanjang Di Dunia (Akashi - Kaikyo)


Proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) yang telah digaungkan sejak tahun 1960 kini memasuki babak baru. Setelah sekian lama hanya menjadi wacana, proyek yang direncanakan tidak menggunakan APBN karena menggandeng konsorsium tersebut telah memasuki study kelayakan. Belum lama ini pihak konsorsium (yang mendanai proyek JSS) telah melakukan studi banding ke jembatan gantung terpanjang di dunia yang berada di Jepang. Menurut mereka, Karakter Indonesia sebagai wilayah yang sering diguncang gempa sama seperti Jepang, sehingga tepat jika Jembatan Selat Sunda mengadopsi teknologi yang sama dengan jembatan yang menghubungkan pulau Akashi dan Kaikyo itu.







teknologi, jembatan selat sunda, teknologi jembatan selat sunda, maket jembatan selat sunda, master plan jembatan selat sunda, jss, maket jss, jembatan terpanjang di dunia, jembatan akashi kaikyo
Jembatan Selat Sunda (maket) foto: Majalah Tempo


Konsep Jembatan Akashi - kaikyo akan diadopsi karena melihat banyaknya kesamaan. Panjang jembatan di Jepang itu memang hampir sama dengan JSS Akashi-Kaikyo mempunyai panjang 1,99 km sedang JSS nanti akan mempunyai panjang 2,2 km. Keduanya berada di atas palung yang dalam dan sesar aktif berpotensi terguncang gempa sebesar 8,5 skala richter.







teknologi, jembatan selat sunda, teknologi jembatan selat sunda, maket jembatan selat sunda, master plan jembatan selat sunda, jss, maket jss, jembatan terpanjang di dunia, jembatan akashi kaikyo
Jembatan Akashi - Kaikyo (Jepang)


Adapun yang akan diadopsi meliputi subs struktur (fondasi) dan bridge lock (pengunci) sebagai peredam efek gempa. Fondasi akan dibangun 500 m hingga 1000 m dibawah permukaan air laut. Selain kedua teknologi tersebut JSS juga akan mengadopsi teknologi supra struktur yang menyangkut konsep bridge suspension yaitu jembatan yang mampu menahan terpaan angin dengan kecepatan hingga 290 km/jam.





Tujuan pembangunan JSS ini memang untuk meningkatkan perekonomian di kawasan Sumatera dan Jawa yang sering terganggu jika mengandalkan pelayaran. Nantinya, Jembatan ini akan melalui beberapa pulau sepanjang Jawa-Sumatera. (Tempo)


0 comments em “Jembatan Selat Sunda Akan Adopsi Teknologi Jembatan Terpanjang Di Dunia (Akashi - Kaikyo)”

Post a Comment

 

Blog Berita Up to Date Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger