Warung Bebas

Thursday, August 2, 2012

Teknologi EVDO dan 3G, Cepat Mana?


Seringkali kita mendengar kata EVDO disematkan pada sebuah promosi penjualan USB modem. Sehingga banyak orang ketika ingin membeli sebuah modem akan bertanya, apakah modem tersebut sudah mendukung EVDO? banyak dari mereka menganggap bahwa modem EVDO lebih cepat ketimbang modem 3G. Apakah anggapan tersebut benar? kali ini salingsharing akan sedikit mengulas tentang apa sih sebenarnya teknologi EVDO tersebut?





teknologi EVDO,evdo 3g cepat mana,perbandingan antara 3g dan evdo,bagus mana evdo dan 3g,modem evdo terbaik,modem evdo murah





EVDO (Evolution Data Only atau Evolution Data Optimized) merupakan standar transmisi data tanpa kabel yang tergolong dalam generasi ketiga. EVDO sebenarnya masuk dalam teknologi 3G, hanya saja EVDO berjalan pada jaringan CDMA sedangkan 3G pada GSM. EVDO diklasifikasikan menjadi beberapa kategori sesuai standar revisi dan kecepatannya. Saat ini sudah dikembangkan 3 jenis standar revisi bagi EVDO yaitu EVDO rev. 0 Rev. A dan Rev. B





Pengklasifikasian EVDO tersebut dibuat urut sesuai abjad, dan semakin tinggi tingkat revisi maka semakin cepat pula koneksi yang didapat. EVDO Rev 0 mempunyai kecepatan maksimal 2,4 Mbps,sedangkan untuk EVDO Rev. A kecepatan internet bisa sampai 3,1 Mbps. Nah, untuk EVDO rev. B sampai saat ini baru dikembangkan dan belum dirilis berapa kecepatan maksimum yang bisa dipacu. Evdo Rev B sendiri terdiri dari 2 fase yaitu fase 1 dan fase 2. Salah satu operator CDMA di Indonesia mengklaim penggunaan modem EVDO rev B fase 1 bisa mencapai kecepatan 9,3 Mbps dan 14,7 Mbps untuk modem EVDO rev. B fase 2.





Lantas lebih cepat mana dibanding modem 3G?


Label EVDO ataupun 3G yang tersemat pada sebuah modem tidak sepenuhnya menjamin kecepatan akses suatu internet. Semuanya tergantung dari kualitas jaringan yang tersedia. Keunggulan EVDO adalah jauh lebih stabil dibanding sinyal GSM dengan 3Gnya. Teknologi jaringan EVDO Rev B saat ini baru tersedia di Jakarta dan Bali, jadi ada baiknya teliti dulu sebelum membeli, apakah ditempat Anda sudah tercover jaringan EVDO.

0 comments em “Teknologi EVDO dan 3G, Cepat Mana?”

Post a Comment

 

Blog Berita Up to Date Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger