Warung Bebas

Wednesday, August 8, 2012

Hati-hati WiFi Tanpa Password Cara Baru Cybercrime


Koneksi internet sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang di mana saja dia berada. Maka tak jarang beberapa tempat umum menyediakan akses WiFi demi memenuhi kebutuhan berinternet. Namun seringkali kita merasa kesal jika sudah menenteng laptop dan mencari sinyal WiFi ternyata yang ada semua akses dilengkapi password. Artinya jika ingin menikmati akses internet tersebut harus membayar, atau paling tidak harus bertanya passwordnya terlebih dahulu. Tentu saja kita lebih suka dengan WiFi tanpa password, disamping praktis, akses internet sudah barang tentu gratis tanpa harus membayar.


Namun kini Anda harus berhati-hati ketika menghubungkan laptop Anda dengan akses WiFi tanpa password. Pasalnya akses gratisan tersebut menjadi sebuah modus baru dalam kejahatan internet. 


cybercrime,internet,cara mengatasi cybercrime,cybercrime modus baru





Lantas seperti apa bentuk kejahatan dengan WiFi tersebut?


Akses terhadap WiFi tersebut bisa jadi disalah gunakan oleh penyedia WiFi, menurut Symantec Indonesia pelaku bisa saja mencuri data data pengguna internet.  Pelaku akan merancang situs phising menyerupai situs aslinya, kemudian korban akan diminta memasukkan identitas (username dan password). Data-data tersebut akan masuk ke server pelaku dan bisa jadi disalahgunakan sehingga merugikan si korban.





Lalu bagaimana berinternet secara aman di tempat-tempat umum yang banyak tersedia WiFi gratis ?


Langkah aman tentu saja pilih yang dilengkapi password. Atau jika memang ingin yang tanpa password, pastikan server tersebut sudah Anda kenali/terpercaya.


semoga bermanfaat

0 comments em “Hati-hati WiFi Tanpa Password Cara Baru Cybercrime”

Post a Comment

 

Blog Berita Up to Date Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger