Warung Bebas

Sunday, August 12, 2012

Lusi Pro Baterai Berbahan Baku Lumpur Lapindo


Selalu ada hikmah dibalik peristiwa, begitulah kira-kira yang menggambarkan inovasi anak negeri yang telah berhasil menciptakan baterai AA dari lumpur lapindo. Inovasi baterai dari lumpur Lapindo ini sebenarnya ditemukan secara tdak sengaja ketika mahasiswa Universitas Negeri Semarang Aji Christian Bani Adam meneliti kandungan lumpur lapindo pada Desember 2011 lalu. Ketika itu dia mengajak beberapa teman-temannya untuk meneliti kandungan lumpur Lapindo. Setelah diteliti ternyata kandungan mangaan dan zinc sebagai bahan utama pembuatan baterai sangat tinggi. Dari situ Aji berinisiatif untuk mengembangkan lumpur tersebut menjadi sebuah baterai dan diikutkan pada ajang Oimpiade Riset Indonesia.


teknologi, fakta unik, baterai paling bagus,baterai paling tahan lama,karya anak bangsa





Baterai buatan Aji tersebut diberi nama Lusi Pro. Lusi Pro masuk dalam jenis baterai AA. Meskipun tampilan luarnya terlihat seperti baterai murahan, tetapi baterai ini ternyata mempunyai daya tahan yang jauh lebih bagus dari baterai buatan cina. “Daya pakai baterai Lusi sama seperti baterai yang sudah terkenal, bisa nyala sampai lima jam nonstop,” kata Aji seperti dikutip dari sidomi.com





Proses pembuatan Baterai Lusi Pro ini dilakukan dilaboratorium, dengan mengambil bahan utama limpur Lapindo dari kedalaman setengah meter, kemudian lumpur diekstrak dan diambil mangaan dan zincnya. setelah itu mangaan dan zinc dibuat pasta yang kan berfungsi sebagai elektrolit. Setelah itu dimasukkan ke dalam pack.





Baterai Lusi Pro ini juga menyabet berbagai enghargaan diberbagai even, seperti yang terbaru adalah juara kedua Best Technopreneurship dari kemenristek pada perhelatan hari kebangkitan teknologi Indonesia ke-17 Minggu lalu. 

0 comments em “Lusi Pro Baterai Berbahan Baku Lumpur Lapindo”

Post a Comment

 

Blog Berita Up to Date Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger