Warung Bebas

Tuesday, August 21, 2012

OS Jolla Ex. Nokia Mampu Jalankan Aplikasi Android


Pernah mendengar nama MeeGo ? Sistem operasi yang dulu pernah bekerja sama dan ditanamkan di pelbagai ponsel Nokia seri N kini memang sudah bercerai dengan Nokia dan berubah nama menjadi OS Jolla. Kendati telah berpisah dengan Nokia, Jolla tetap mencoba berinovasi sebagai sebuah sistem operasi yang bisa diperhitungkan. Terbukti 21 Agustus 2012, CEO Jolla Jussi Hurmola secara resmi mengumumkan kemampuan OS Jolla dalam sebuah wawancara dengan situs Finlandia. Jussi Hurmola mengatakan OS Jolla akan mampu menjalankan aplikasiAndroid, Qt, dan HTML5. Kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android tersebut berkat dukungan ACL (application compatibility layer) yaitu produk dari OpenMobile yang memungkinkan perangkat apapun bisa menjalankan ketiga aplikasi tersebut.


os jolla,jolla,fitur os jolla,kemampuan os jolla,android pada jolla,jolla mampu jalankan android,sistem operasi jolla,jolla operating system





Kemampuan OS Jolla tersebut diharapkan mampu menjadi sebuah senjata untuk bersaing dengan iPhone dan ponsel android. Selain mengandalkan kemampuan menjalankan aplikasi Android, Jolla juga mendukung multitasking secara keseluruhan. Dengan begitu, pengguna tak perlu repot untuk menutup dan membuka aplikasi.





Jolla boleh saja berharap dengan kemampuan tersebut bisa menghadirkan persaingan dengan iPhone ataupun Android, tapi yang perlu diingat hal serupa juga telah dilakukan oleh OS BlackBerry 10 dengan membuka kran aplikasi Android. Namun langkah serupa tersebut ternyata tidak terlalu menarik peminat ponsel pintar, yang tetap memilih iPhone atau Android.


0 comments em “OS Jolla Ex. Nokia Mampu Jalankan Aplikasi Android”

Post a Comment

 

Blog Berita Up to Date Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger