Warung Bebas

Saturday, December 1, 2012

Cara Merawat Ponsel/Tablet Layar Sentuh

Hampir seluruh smartphone/tablet yang saat ini beredar memakai teknologi layar sentuh (touch screen). Pemakaian layar sentuh sangat meringankan pengguna saat mengoperasikan ponsel/tabletnya. Dengan teknologi ini, tidak butuh repot-repot lagi memencet keypad. Tinggal sentuh layar, ponsel/tablet pun bisa  dioperasikan. 

Cara Merawat Ponsel/Tablet Layar Sentuh

Sayangnya, di balik kecanggihannya, teknologi layar sentuh ini amat ringkih. layarnya amat peka, hingga gampang rusak bila tidak hati-hati saat merawatnya. Nah, berikut ini ada beberapa tips/cara merawat dan melindungi ponsel/tablet serta menjaga layar sentuh supaya tidak cepat rusak :

1. Gunakan Screen Protector
Screen protector adalah aksesori berupa plastik pelindung transparan yang dipasang di layar ponsel/tablet atau tablet. Fungsi screen protector sangat penting yaitu melindungi layar dari goresan pena stylus, tangan, maupun benda tumpul lainnya. Layar pelindung juga berfungsi untuk melindungi layar LCD dari debu dan terpaan matahari. Jika screen protector sudah rusak, lekas ganti dengan yang baru. Lebih baik mengganti secepat mungkin daripada harus menanggung rusaknya layar sentuh ponsel/tablet.

2. Jangan Tekan Terlalu Keras 
Ponsel/tablet touchscreen dilengkapi dengan layar yang sangat sensitif dengan sentuhan, sehingga tanpa menekan terlalu keras pun ponsel/tablet sudah dapat mendeteksi sentuhan itu. Sentuhan yang terlalu keras bakal berpotensi merusak layar ponsel/tablet atau tablet. Cukup sentuh layar ponsel/tablet atau tablet seperlunya saja.

3. Jangan Menaruh Ponsel/Tablet di Saku
Jangan sekali-sekali menaruh ponsel/tablet di saku baju, celana yang ketat ataupun tempat-tempat lain yang berpotensi mengancam kerusakan layar ponsel/tablet. Kalaupun ingin memasukkan ponsel/tablet ke dalam kantung celana, gunakan hardcase atau pelindung untuk mencegah terjadinya tekanan yang terlalu keras pada saat ponsel/tablet dimasukkan ke dalam saku. Jangan langsung dimasukkan ke dalam saku, untuk menghindari sentuhan dengan benda lain yang membahayakan.

4. Rutin Bersihkan Layar
Bersihkan layar menggunakan benda lembut, seperti kain untuk membersihkan kacamata, dan akan lebih baik lagi bila mememakai lap berbahan micro fiber (serat mikro), karena ini akan mengangkat kotoran atau debu yang menempel pada layar. Lakukan aksi bersih-bersih ini secara rutin.

5. Hindari Medan Magnet, Sinar Matahari, dan Suhu Tinggi
Jauhkan ponsel/tablet dari benda-benda yang mengandung magnet seperti televisi, speaker, atau tas yang ada magnetnya. Karena magnet berpeluang merusak kinerja ponsel/tablet. Jauhkan pula ponsel/tablet dari pancaran sinar matahari secara langsung, karena layar bersifat liquid, yang bila lama terkena sinar matahari akan mempengaruhi kualitas LCD. Jauhkan pula ponsel/tablet dari suhu yang terlalu tinggi seperti kompor, microwave, mesin mobil atau mesin yang panas lainnya.

Beruntung bagi anda yang memiliki ponsel cerdas tanpa layar sentuh atau menggunakan keypad, karena tidak akan repot-repot melakukan cara cara diatas. Semoga informasi tips/cara merawat hp/tablet ini bisa bermanfaat untuk anda.

0 comments em “Cara Merawat Ponsel/Tablet Layar Sentuh”

Post a Comment

 

Blog Berita Up to Date Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger